Kades Banuasibohou, Silimaewali: APBDes Tahun 2020 Sudah Terlaksana

Kades Banuasibohou, Silimaewali: APBDes Tahun 2020 Sudah Terlaksana

NIAS - Pemerintah Desa Banua Sibohou Silimaewali Kec.Bawalato Pelaksaanaan Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2020 Telah terlaksana Sesuai dengan regulasi yang ada.

Hal tersebut disampaikan oleh Kades Banua Sibohou Silimaewali Kec.Bawalato Kabupaten Nias di Kediamanya Kamis, (11/02/2021) Pukul 16.30 Wib Sore.

Pantauan dilokasi Desa Banua Sibohou Silimaewali  Kec.Bawalato sangat terisolir mengenai Infakstruktur dan Penerangan belum tersentuh hingga saat ini

Pj. Kades  Banuasibohou Silimaewali Teheziduhu Hulu mengatakan bahwa Desa memiliki 2.125 jiwa yang terdiri dari tujuh Dusun dan mempunyai pencaharian berasal dari hasil pertanian seperti; Pinang, Kapulaga, Pisang, dan  jagung. 

Warga yang petani pisang biasanya menjual hasil pertanian mereka minimum dua kali dalam seminggu dengan melewati dua titik yaitu di simpang Maduma dahana dan simpang Dusun 4 banuasibohou. Kondisi jalan yang tidak memadai, maka kesempatan tersebut sering terhambat dikarenakan mobil  tidak bisa langsung Kelokasi untuk penjemputan hasil pertanian warga untuk dijual keluar dari Desa. Ungkap Kades


Kades Meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias untuk  memperhatikan Desa Banua Sibohou Silimaewali terkait infakstruktur dan penerangan Listrik.

" Ya Desa Banuasibohou segala prioritas tahun 2021 tentu kami berharap dari pemerintah daerah  untuk memperhatikan pembangunan infaksrutur dan jaringan Arus Listrik, " Pungkas Teheziduhu

Masih kades terkait anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2020 pelaksanaanya  realisasi pertanggungjawaban pertanggal 24 Januari 202 telah selesai dan diterima oleh masayarakat. Ujar Kades.

Adapun kegiatan awal setelah  musyawarah Desa, pelaksanaan fisik APBDes Desa Banuasibohou tahun 2020 yang direncanakan Ialah;
1.Pengerasan Jalan Sepanjang 1.800 Meter
2.Pembangunan Dwiker Plat(DUA) Titik
3.Penyaluran  BLT DD bulan April s/d Juni Sebesar 600/bulan Per KK dan dilanjutkan dari bulan juli s/d Sebtember
4.Anggaran Penanggulangan Covid-19
5.Anggaran Operasional dan Pembayaran Honor

Pada bulan April 2020 Penarikan Pertama (I)  pengerasan jalan di DS VI(Enam) sepanjang 146 meter sudah selesai, dan dinas dari PMD Sudah pernah datang untuk mensurvei.Kemudian di DS V(Lima) Pengerasan sepanjang 100 meter dan sudah terbayarkan setelah selesai pelaksanaannya.

Seterusnya  Penarikan Anggaran pada tahap Ke II(Dua) diarahkan pada pengerasan jalan dan terlaksana yaitu;
- Dusun II  200 meter
- Dusun III 400 meter 
- Dusun VI 400 meter 
- Dusun VII 200 meter

Pengerasan di Dusun I diantara Gereja dan rumah sakit sepanjang 56 meter telah dialihkan di Dusun VII karena warga setempat tidak ada kesepakatan hibah.

Kemudian Pelaksanaan pembangunan 2 Dwiker Plat juga terlaksan yaitu;
1.Pembangunan Dwiker Plat 
  depan rumah Bapak Ama. Rida 
2.Pembangunan Dwiker Plat 
    didepanGereja Hilisalo'o

Seterusnya Pemerintahan Desa Bersama Tim Relawan Covid - 19, dari kesehatan, Kamtibimas, Babinsa turut melaksanakan penyemprotan diseknifikan kerumah-rumah warga serta penyediaan Alat cuci tangan, penyedian Kaos sebanyak 5 lusin, hal itu semua telah dilaksanaan.

Kades Juga menjelaskan Penyaluran Dana BLT-DD yang hanya dianggarkan dari bulan 4 - 6  untuk  keluarga terdampak Covid-19 sebesar 600, namun setelah turun surat menteri bahwa BLT-DD diperpanjang  
sampai bulan September, maka pemdes telah mengadakan perubahan APBdes 2020, sehingga anggaran Dana visik pengerasan  yang sebelumnya telah dimusywarahkan sepanjang 1.800 meter terjadi rekofusing anggaran dan volume dari pengerasan dikurangi untuk diarahkan ke anggaran BLT-DD bulan Juli s/d Sebtember.

Adapun Anggaran yang terpangkas untuk dialihkan Ke BLT bulan Juli s/d September antara lain;
1.Dusun II awal perencanaan pengerasan jalan sepanjang 250 meter, terlaksana menjadi 200 meter.
2.Dusun III pengerasan jalan sepanjang 500 tetapi setelah dilaksanakan musyawarah Perubahan APBDES maka yang dilaksanakan menjadi 400 meter.
3.Dusun VI pengerasan perencanaan awal sepanjang  500 m tetapi karena ada perubahan maka yang dilaksanakan 400 meter.

Lebih lanjut Teheziduhu menjelaskan terkait pelaksanan anggaran untuk operasional, hal itu juga sudah dilaksanakan dengan membelanjakan kursi yang awalnya 5 lusin tetapi karena ada perubahan maka yang dibelanjakan hanya 3 Lusin, begitu juga dengan pengadaan Laptop yang sebelumnya perencanaan 5 buah, yang dibelanjakan hanya 3 buah, dan semuanya sudah kita musyawarahkan bersama.

Hal yang sama juga pada anggaran APBDES telah dibelanjakan keperluan pemerintah Desa seperti;  pengadaan Speaker, Printer, Struktur organisasi Desa, dan Tempat penyimpanan data Desa.

Untuk honor tentu juga telah kita  sudah bayarkan, pada saat itu kita sudah mengundang semua BPD dan Aparat Desa namun hanya satu kepala Dusun  yang tidak hadir pada saat pembagian honor tersebut yaitu KADUS VI (Enam).

Kades mengatakan sebelum menyerahkan honor, Ianya menjelasakan terkait  yang namanya PPH pasal 21 bahwa 10% dari honor masing-masing  aparat dan perangkat akan dipotong, Saat itu tidak ada yang keberatan sehingga PPH Pasal 21 telah disetujui dan  disepakati bersama. Kata Teheziduhu

Tambah Kades sesudah  pembagian honor salah satu oknum kadus datang kerumahnya untuk mengambil honornya karena pada saat pembagian tidak datang karena ada alasan yang tidak terelakan, namun oknum kadus tersebut mengatakan kepada kades bahwa Ia (Kadus)  tidak setuju dengan potongan 10% dari Honornya.Ungkap Kades.

Namun karena salah Satu ada yang keberatan dengan pemotongan 10% dari honor dari masing - masing aparat Desa, maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sesuai petunjuk Camat Bawalato sebelum terlanjur penyerahan honor maka kita kembalikan. Kata Kades

Ditempat yang sama Kepala Dusun II(Dua) Faulunasokhi Laia ketika dimintai tanggapan oleh awak media ini terkait pelaksanan anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2020.

Saya Kepala dusun II membenarkan dan menyaksikan bahwa pelaksanaan anggaran Dana Desatahun 2020 Banuasibohou Silimaewali sudah terlaksana dan telah dilaksanakan realisasi.

"Untuk hal - hal yng mencurigakan atau masalah dari awal sampai realisasi pertanggungjawaban setau saya tidak ada masalah, yang lainya saya tidak tau, " singkatnya Kadus II *(Desman Tel)
 

Update

Update

Previous Article

Rakor Pemdes Dan Sosialisasi  DD Tahun Anggaran...

Next Article

Pemerintah Desa Umbu Selenggarakan Musdes...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 166

Postingan Tahun ini: 1198

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 160

Postingan Tahun ini: 1280

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 97

Postingan Tahun ini: 213

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 95

Postingan Tahun ini: 718

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
Langgar Kode Etik, Kapolres Luwu Timur Pecat Satu Anggotanya
Kades Hiliwarokha Yurniat Zebua: Tidak Benar Saya Kosumsi Minuman keras
Tampil Perdana, Asmaul Husna Asal Burau Luwu Timur Hafal 500 Hadits di STQH XXXII Sulsel
banner

Follow Us

Recommended Posts

Lagi, 1 Saksi Diperiksa Jaksa Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Gas Bumi Oleh PD PDE Sumatera Selatan
Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan: PPN Sembako Korbankan Rakyat Kecil
Hartono, DPO Dugaan Kasus Korupsi Penyelewengan Dana Royalti di Tenggarong Berhasil Ditangkap Tim Tabur Kejaksaan
Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Anetta Komarudin: Rencana Pengenaan PPN Terhadap Sembako Perlu Ditinjau Kembali
Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo: Pembangunan Wisata Tanjung Lesung Perlu Dukungan Masyarakat