Bupati Nias Diwakili Oleh Asisten III Buka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Hiliduho

Bupati Nias Diwakili Oleh Asisten III Buka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Hiliduho

NIAS, Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten di Kecamatan Hiliduho Tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Tahun 2022 terlaksana  di Gedung Serbaguna Kecamata Hiliduho Kabupaten Nias Kamis, 04/02/2021) Pukul 09.30wib Pagi.

Acara tersebut dihadiri oleh: Bupati Nias yang diwakili oleh Asisten III, , Kadis KB, Kadis Kependudukan, Kadis Sosial, Kepala Bappeda diwakili oleh Kabid , Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Camat Hiliduho, Unsur Forkopimcam Hiliduho, Kepala Bagian lingkup Setda Kabupaten Nias, Pimpinan Unit Kerja tingkat Kecamatan Hiliduho, Para Kepala Desa, Badan Perwakilan Desa, dan Aparat Desa se-Kecamatan Hiliduho, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Lembaga swadaya masyarakat, Rekan-rekan Pers dan undangan lainnya.

Pada sambutan Bupati Nias yang diwakili Asisten III Marulam Sianturi menyampaikan bahwa Pelaksanaan Musrenbang hari ini, merupakan puncak dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah di Kecamatan Hiliduho yang sebelumnya telah dilaksanakan Musrenbang di masing-masing desa.

Melalui forum Musrenbang ini kita berharap akan tercipta kesamaan pandangan dan harapan dari seluruh pelaku pembangunan daerah dalam mensinergikan strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas antara pemerintah tingkat kecamatan dengan desa 

Sejalan dengan dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 dijelaskan bahwa kedudukan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 memiliki arti yang sangat strategis karena merupakan tahun pertama untuk melanjutkan pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah daerah sesuai dengan target yang telah ditetapkan. 

Arah kebijakan pembangunan di tahun 2022 tersebut akan difokuskan pada bidang atau sektor yang masih perlu ditingkatkan pencapaian kinerjanya berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap hasil capaian program prioritas yang telah dilaksanakan selama 5 (lima) tahun terakhir.

Hal penting lainnya adalah perlunya sinergitas semua pemangku kepentingan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemulihan ekonomi daerah

Sehingga target dan manfaat pembangunan dapat memberikan dampak bagi peningkatan pelayanan dasar dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Untuk itu di dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2022 yang akan datang diperlukan komitmen yang nyata untuk hal tersebut, sehingga beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak dapat ditangani oleh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Nias, antara lain:
1.Bidang Infrastruktur; 
a.Masih terdapat kurang lebih 24 desa yang terisolir dan belum dapat dijangkau dengan kendaraan roda-4;
b.Peningkatan kualitas infrastruktur jalan dan jembatan kabupaten;
c.Penataan kawasan Ibukota Kabupaten Nias;
d.Penyediaan air bersih dan pengelolaannya di tingkat Desa;
e.Pengembangan dan fungsionalisasi bangunan irigasi; 
f.Lanjutan pembangunan kantor Bupati Nias dan DPRD Kabupaten Nias serta kantor Perangkat Daerah;
g.Peningkatan kualitas hunian masyarakat yang berpenghasilan rendah.
2.Bidang Pendidikan; peningkatan kualitas tenaga kependidikan melalui peningkatan jenjang pendidikan guru, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. 

3.Bidang Kesehatan; 
Bidang kesehatan ini adalah peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak, peningkatan kualitas pelayanan
puskesmas dan jaringannya, pengalokasian anggaran 

4.Bidang Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan;
Peningkatan mutu komoditas unggulan daerah (padi, cabe, karet dan kakao), penumbuhan jumlah Usaha Mikro Kecil (UMK), revitalisasi dan fungsionalisasi pasar semi modern atau tertutup, peningkatan prasarana perikanan tangkap dan budidaya, pemberian bantuan pertanian untuk masa panen dan pascapanen.

5.Bidang Pemerintahan dan Aparatur; 
Untuk peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya pada pelayanan perizinan dan administrasi kependudukan diupayakan untuk terus ditingkatkan dengan memanfaatkan jaringan internet. Demikian juga untuk pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan transparansi kebijakan perencanaan, penganggaran, penatausahaan serta pengelolaan barang milik daerah. 

Dengan prioritas peningkatan kualitas pelayanan dasar serta beberapa target pembangunan yang masih harus dicapai maka penajaman skala prioritas menjadi sangat penting, mengingat hampir semua usulan program yang telah disampaikan merupakan usulan rencana yang mendesak, objektif dan rasional. 

Forum  ini sangat diharapkan kearifan semua pihak terutama para pemangku kepentingan pembangunan, agar dalam penetapan prioritas pembangunan dapat dilakukan secara objektif dan proporsional menurut tingkat urgennya kebutuhan suatu pembangunan.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan pada hari ini kita harapkan akan menghasilkan daftar prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan Hiliduho yang akan didanai dari APBD Kabupaten maupun sumber pendanaan lainnya.

Selamat bermusyawarah dan atas perhatian semua saya ucapkan terima kasih. Wabillahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.Wb Ya’ahowu…..!!!


Sementara  Sekcam Kec.Hiliduho Elman Perwira P.Nazara, S.IP, M.Si melaporkan Pelaksanaan Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Nias di Kecamatan Hiliduho Tahun 2021

Musrenbang Kecamatan diselenggarakan dengan tujuan antara lain;
Tujuan Umum:
1.Terlaksananya Proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dari semua tahapan dengan melibatkan berbagai kelompok masyarakat.
2.Membangun Mekanisme Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang yang lebih Partisipatif).
3.Mengedepankan Kaidah Musyawarah untuk Mufakat.
4.Mendorong Pelaksanaan Pembangunan yang lebih Partisipatif dan berkeadilan. 
Tujuan Khusus :
1.Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.
2.Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.
3.Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nias.

Sasaran Musrenbang Kecamatan adalah Hasil - hasil Musrenbang Desa se Kecamatan Hiliduho yang terdiri dari 16 Desa, yang telah terlaksana selama 5 (Lima) hari yakni tanggal 13 sampai dengan tanggal 19 Januari 2021.*(Desman Tel)

Sumber: Humas Kabupaten Nias

Desman Telaumbanua

Desman Telaumbanua

Previous Article

Pemerintah Desa  Soewe Bersama Masyarakat...

Next Article

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan Ma'u...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 215

Postingan Tahun ini: 215

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 190

Postingan Tahun ini: 190

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 140

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 122

Postingan Tahun ini: 122

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya

Follow Us

Recommended Posts

Gubernur Edy Rahmayadi Minta DPR RI Akomodir Ketentuan DBH yang Adil
Hadiri Ground Breaking RS Muhammadiyah, Kapolri Dukung Penuh Program Kesehatan dan Pendidikan Masyarakat
Pemilu 2024 Diundur? Ini Komentar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas
Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital